Paradigma pendidikan

Pengertian paradigma pendidikan

paradigma secara etimologis berasal dari Bahasa inggris paradigm yang berarti type of something, model, pattern (bentuk sesuatu model, pola). Menurut plato kata paradigma dalam repunlicnya dengan arti “ a baste foemencimpasing your entire desting”  yang berarti suatu yag diciptakan untuk suatu sebab, sedang secara terminology berarti  a total view of problem ; a total outlook, not just a problem in isolating. Paradigma adalah cara pandang atau cara pikir tentang sesuatu.

Hakikat penelitian pendidikan

Suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu, pengumpulan data analisis data menggunakan metode-metode ilmiah, baik yang bersifat kualitatif dan kuantitatif, eksperimental atau non ekperimental, interaktif atau non interaktif. Metode-metode tersebut telah dikembangkan secara intensif, melalui berbagai uji coba sehingga memiliki prosedur baku

Pengertian masalah

Kesenjangan, antara apa yang seharusnnya dengan apa yang ada dalam kennyataan sekarang, kesenjangantersebut dapat mengacu ke ilmu pengetahuan dan tekhnologi, penelitian diharapkan mampu mengantisipasi kesenjangan-kesenjangan tersebut.

Macam macam penelitian

  1. Pengertian historis = suatu penelitian untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif, dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memferikasi, secara mensistematis bukti-bukti untuk menegakan fakta dan memperoleh kesimpulan yang kuat
  2. Penelitian deskriptif= suatu penelitian untuk meneliti status kelompok manusia, suatu objek suatu set kondisi, suatu system pemikiran atau suatu kelas peristiawa masa sekarang.
  3. Penelitian kasus = penelitian tentang status subjek penelitian yang berkenan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keseluruhan personalitas.
  4. Penelitian korelasional = suatu penelitian untuk mendeteksi seberapa jauh variasi-variaasi atau perbedaan-perbedaan pada suatu variable atau lebih berkaitan dengan variable lain berdasarkan pada koefisien korelasi.
  5. Penelitian kausal-komparatif = suatu penelitian yang menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat berdasarkan atas pengamatan terhadap akibat yang ada serta mencari kembali factor yang mungkin terjadi penyebab melalui data tertentu.
  6. Penelitian eksperimental-sungguhan= suatu penelitian yang menyelidiki pengaruh suatu perlakuan terhadap suatu variable
  7. Penelitian eksperimental-semu = suatu penelitian yang dilakukan untuk memperoleh informasi yang dapat diperoleh dengan eksperien yang sebenarnya dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk mengontrol atau memanipulasi semua varibel relevan.
  8. Penelitian tindakan = suatu penelitian yang dikembangkan bersama-sama peneliti dan pembuat kepputusan tantang variable-variabel atau masalah-masalah yang dapat dimanipulasikan dan dapat segera digunakan untuk menentukan kebijakan dan pembangunan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s