Unsur Dan Senyawa

1 UNSUR DAN SENYAWA

Di alam ini terdapat beribu-ribu macam zat. Untuk lebih mudah mempelajari zat-zat tersebut digunakan suatu sistem klasifikasi. Klasifikasi zat berdasarkan daya hantar listrik adalah :

  1. Konduktor
    Bahan – bahan yang bersifatkonduktorialah bahan – bahan yang mudah mengalirkan arus listrik jika dihubungkan dengan sumber tegangan.  Misalnya : tembaga, besi, emas, dll. Dari bahan – bahan yang paling bagus untuk mengalirkan arus listrik adalah EMAS, karena pada bahan konduktor mempunyai banyak sekali elektron bebas, yang paling banyak elektron bebasnya adalah emas.
  2. Semikonduktor

Bahan – bahan yang bersifat semikonduktor ialah bahan – bahan yang pada kondisi tertentu  akan bersifat sebagai isolator dan pada kondisi lain akan bersifat sebagai konduktor  Misalnya : germaniun, silicon, dll

Kapan bahan-bahan semikonduktor dapat bersifat isolator dan bersifat konduktor ?  Bahan – bahan tersebut akan bersifat isolator jika dalam temperatur yang rendah.  Bahan – bahan tersebut akan bersifat konduktor jika dalam temperatur tinggi.

Menggapa demikian ? Karena dalam temperatur rendah seluruh lintasan elektron terisi penuh oleh elektron, danketika dalam temperatur tinggi karena pada temperatur yang tinggi akan ada ikatan – ikatan yang pecah sehingga menyebabkan adanya elektron – elektron bebas.

  1. Isolator

Bahan – bahan yang bersifat isolator ialah bahan – bahan yang akan menghambat arus listrik bila dihubungkan dengan sumber tegangan.  Misalnya : gelas, kaca, karet, kayu, dll

Mengapa tidak dapat menghantarkan arus listrik ? Karena dalam bahan yang bersifat isolator seluruh lintasan elektronnya memiliki ikatan  yang kuat dengan intinya atau dengan kata lain pada bahan isolator tidak mempunyai  elektron bebas sehingga walau diberi tegangan listrik tidak akan membuat elektron – elektronnya bergerak.

Klasifikasi berdasarkan susunan kimia adalah :

  1. Unsur

Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana melalui reaksi kimia biasa. Bagian terkecil dari suatu unsur adalah atom. Beberapa contoh unsur adalah emas, perak, alumunium, tembaga, belerang, karbon, dan sebagainya. Sampai saat ini telah dikenal lebih dari 112 unsur, ada yang ditemukan dalam keadaan bebas, seperti emas dan intan, tetapi sebagian besar unsur ditemukan dalam keadaan terikat sebagai suatu senyawa. Unsur dapat dikelompokkan ke dalam unsur logam, nonlogam, dan metaloid/semilogam.

Berikut ini adalah perbedaan dari unsur logam dan nonlogam

Logam Nonlogam
  1. Pada suhu kamar umumnya berwujud padat, kecuali raksa (air).
  2. Dapat menghantarkan arus listrik.
  3. Dapat ditempa (malleable) dan direnggangkan (ductile).
  4. Mengkilap bila digosok.
  5. Dapat menghantarkan panas (konduktor).
  6. Memiliki titik didih dan titik leleh tinggi .
  7. Pada suhu kamar ada yang berwujud cair,gas, atau padat
  8. Tidak dapat menghantarkan arus listrik, kecuali karbon.
  9. Tidak dapat menghantarkan panas (isolator).
  10. Tidak mengkilap.
  11. Memiliki titik didih dan titik leleh rendah.

Ada beberapa unsur yang memiliki sifat seperti logam dan nonlogam. Unsur tersebut dikenal sebagai unsur metaloid/ semilogam. Contohnya adalah silikon, boron, germanium, arsen dan stibium (antimon). Unsur-unsur tersebut banyak digunakan sebagai semikonduktor.

Untuk memudahkan kita mempelajari unsur, unsur tersebut ditampilkan dalam Tabel Periodik Unsur yang dikenal sebagai Sistem Periodik Unsur (SPU). Dalam tabel periodik unsur-unsur ada yang diletakkan pada lajur tegak (kolom) yang disebut golongan dan lajur horizontal (baris) yang disebut periode. Pada satu golongan sifat unsur semakin mirip dan pada satu periode sifat unsur semakin berbeda.Berikut adalah gambar Tabel Periodik Unsur.

Un

untuk menyederhanakan nama unsur, para ilmuwan memberikan lambang unsur. Lambang unsur yang digunakan sampai sekarang dibuat oleh Jons Jacob Berzelius. Berikut adalah cara penulisan lambang unsur yang diusulkan oleh Jons Jacob Berzallius.

1. Setiap unsur dilambangkan dengan satu huruf dari huruf awal nama latinnya yang dituliskan dengan huruf kapital. Perhatikan contoh tabel berikut.

Unsur Lambang/symbol unsur
Nama Indonesia Nama Latin
Karbon

Hydrogen

Oksigen

Nitrogen

Belerang

Carbonium

Hydrogenium

Oksygenium

Nitrogenium

Sulfur

C

H

O

N

S

  1. Jika Huruf awal dari nama latinnya sama, maka diberi huruf lain yang dituliskan dengan huruf kecil. Perhatikan contoh dalam tabel berikut
  1. Senyawa

Senyawa adalah zat tunggal yang secara kimia masih dapat diuraikan menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana dimana sifatnya berbeda dengan zat semula. Bagian terkecil dari suatu senyawa adalah molekul (gabungan dua atom unsur/lebih lebih baik sejenis ataupun berbeda jenis. Sama halnya dengan unsur, senyawa pun perlu diberi lambang. Lambang untuk senyawa disebut rumus kimia. Berikut adalah rumus kimia dari beberapa senyawa yang ditampilkan dalam tabel.

  1. Campuran

Campuran mempunyai sifat yang berbeda dengan senyawa. Dalam campuran sifat-sifat komponen tidak hilang. Ketika garam dapur dilarutkan dalam air, kedua zat itu tidak bersenyawa, melainkan bercampur.Rasa garam sebelum dan sesudah dicampurkan tetap terasa asin, begitu pula dengan air. Air sebelum dicampurkan dan sesudah dicampurkan tetap dapat memadamkan api. Kemudian juga garam dengan air dapat bercampur dalam berbagai komposisi sesuai yang dikehendaki. Tidak demikian halnya dengan bersenyawa. Senyawa mempunyai kompisisi tertentu. Air sebagai contoh, terdiri dari hidrogen dan oksigen dengan perbandingan atom 2:1 Jadi, kita dapat menyatakan bahwa bersenyawa membentuk zat baru (berlangsung secara kimia), sedangkan bercampur tidak membentuk zat baru (berlangsung secara fisika).( Any Winarsih.2008)

  1. TEORI ATOM DAN MOLEKUL

keberadaan partikel-partikel terkecil yang menyusun materi,diajukan kali pertama oleh 2 orang ahli filsafat yunani ,yaituleucippus dan democritus sekitar

450 tahun lalusebelum masehi.kedua orang tersebut menyatakan bahwa semua materi disusun oleh partikel-partikel yang sangat kecil dan tak dapat di bagi-bagi lagi yang di sebut atom. atom berasal dari bahasa yunani yakni atomos (a berarti tidak dan tomos berarti terbagi). john dalton ahli fisafat fisika  dan imia dari inggris menyebut partikel -partikel itu dengan atom. pada tahun 1808 john dalton mengemukakan teori atom tentang zat sebagai berikut:

  1. zat terdiri dari partikel-partikel sangat kecil dan tidak dapat di bagi-bagi lagi dengan reaksi kimia biasa.partikel ini di sebut atom.
  2. atom-atom dari unsur yang sama memiliki ukuran dan masa yang sama .tetapi atom-atom unsur yang satu berbeda dengan atom unsur yang lain contoh: atom hidrogen, atom karbon, dan atom oksigen.
  3. atom-atom tidak dapat di pecah lagi menjadi partikel-partikel lebih kecil dengan sifat yang sama
  4. senyawa terbentuk dari 2 macam atom  atau lebih dari yang berbeda
  5. reaksi kimia merupakan pegabungan dan pemisahan atom-atom dari unsur atau senyawa dalam reaksi tersebut.

pemikiran atom oleh john daltom tersebut dikenal dengan istilah model dalto. hingga saat ini telah di temukan 109 jenis atom dan tiap-tiap atom memiliki tanda atom sendiri-sendiri, tanda atom yang kita gunakn di susun oleh john jacob berzelius (1779-1848). daftar nama atom di  oleh IUPAC (international union for pure and aplied chemistry).Dmitri ivanovich mendeleveeva(1834-1907) dalah seorang kimiawan rusia yang menemukan tabel priodik unsur . unsur ke101 (md)di beri nama mendelevium sebagai penghargaan atas dirinya. Teguh Sugiyarto.2008.

gabungan 2 atom atau yang lebih berasal dari unsur yang sama  atau berbeda disebut molekul.

molekul berdasarkan jenis atomnya di kelompokkan menjadi 2 yaitu sebagai berikut:

  1. MOLEKUL UNSUR

molekul unsur adalah yang terdiri dari atom-atom satu macam unsur.beberapa contoh molekul unsur antara lain sebagai berikut:

  1. molekul gas oksigen ,terdiri dari 2 atom oksigen
  2. molekul gas hidrogen , yerdiri dari 2 atom hidrogen
  3. molekul belerang ,terdiri dari 8 atom belerang
  4. molekul fosfor, terdiri dari 4 atom fosfor.
  1. MOLEKUL SENYAWA

molekul senyawa adalalah molekul terdiri dari atas atom atom beberapa unsur yang membentuk senyawa itu. beberapa contoh molekul senyawa anatara lain sebagai berikut;

  1. molekul air ,terdiri dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen.
  2. molekul gas krbon dioksida ,terdiri dari1 gas karbon dan 2 oksigen
  3. molekul gula, terdiri dari 12 atom karbon ,22 atom hidrogen dan 11 atom oksigen
  4. molekul asam sulfat ,terdiri dari 2 atom hidrogen ,1atom blerang , dan 4 atom oksigen

RUMUS MOLEKUL

rumus molekulterdiri atas lambang dan angka .rumus molekul telah di sampaikan oleh Berzelius.lambang atau huruf tersebut seperti

H  berarti :1 atom hidrogen

CU berarti :1 atom cuprum (tembaga).

Rumus kimia suatu unsur

pada rumus kimia suatiu unsur  tercantup lambang unsur itu  yang di tentukan olehsuatu angka,dngan ketentuan sebagai berikut:

  1. lambang unsur menyatakan nama unsurnya.
  2. angka (ditulis agak kebawah).menyatakan jumlah atom yang terdapat dalam 1 molekul unsur tersebut.

tetapi berbeda dengan rumus kimia ini:

2O berarti :2 atom oksigen yang terpisah,tidak terkai secara kimia .

4P berarti : 4 atom fosfor yang terpisah , tidak terkait secara kimia.

Rumus kimia suatu senyawa

pada rumus kimia tercantum lambang unsur-unsur yang membentuk senyawa itu dan tiap lambang di ikuti ole suatu angka yang menunjukan jumlah atom tersebut di dalam  1 molekul senyawa .

Any Winarsih, dkk. 2008. IPA Terpadu untuk SMP/ MTS Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen PendidikanNasional

Teguh Sugiyarto. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 untuk SMP/ MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s